• css slider
  • css slider
  • css slider

AKADEMIK

KURIKULUM

Sejak tahun ajaran 1979, Madrasah Aliyah 1 hanya menerima santri dan keluarga besar Pondok Pesantren Annuqayah sebagai siswa. Hal ini demi mendukung lingkungan akademis yang integral antara tempat tinggal dan tempat belajar. Kegiatan belajar secara klasikal terhubung erat dengan kehidupan pendidikan pesantren. Penanaman nilai-nilai pada diri siswa berkelindan kuat dari madrasah hingga pondok untuk membentuk karakter khas seorang pembelajar.

Muatan kurikulum disiapkan agar siswa memiliki moral dan mental-spiritual yang kuat untuk menghadapi tantangan zamannya. Sementara demi menunjang pembelajaran dalam berbagai bidang peminatan, Madrasah Aliyah 1 membuka 4 program: (1) IPS untuk studi ilmu-ilmu sosial, (2) Keagamaan bagi mereka yang ingin memperdalam khazanah turats Islam, khususnya fiqh dan cabangnya, (3) IPA bagi peminat eksakta, dan (4) program yang baru dibuka tahun ini, Bahasa, bagi mereka yang ingin berkecimpung di dalam bidang ilmu bahasa, kesusastraan dan humaniora. Khusus untuk materi fiqh dan matematika, seluruh kelas mendapatkan bobot yang sama. Sementara materi lainnya, diatur sesuai prioritas programnya.

Secara umum, kegiatan belajar mengajar di Madrasah Aliyah 1 berlangsung dari hari Sabtu hingga Kamis, dimulai pukul 7.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Adapun kegiatan tambahan, seperti pendalaman atau bimbingan materi tertentu, pelatihan keterampilan dan lainnya dapat dilakukan di luar jam belajar mengajar menyesuaikan dengan jadwal pesantren.

KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PROGRAM PENGEMBANGAN KESISWAAN

Kegiatan belajar mengajar secara umum berlangsung dari hari Sabtu hingga Kamis, dimulai setiap hari pukul 7.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. KBM harian dibagi ke dalam 8 jam pelajaran, di mana 1 jam pelajaran berlangsung selama 40 menit.

Selain itu, terdapat beberapa program untuk meningkatkan keterampilan siswa, baik di dalam menyerap pelajaran maupun di dalam pengembangan diri, di antaranya:
  1. Empowerment Program. Kegiatan ini disiapkan untuk siswa baru sejak tahun ajaran 2016-2017. Tujuannya untuk memberikan tambahan keterampilan dan motivasi pada siswa baru sehingga lebih semangat dan percaya diri mengikuti proses pembelajaran selama 6 semester. Siswa akan dimbimbing secara khusus oleh para tutor, yang umumnya guru berpengalaman di lingkungan Pondok Pesantren Annuqayah, selama kurang lebih satu bulan untuk mendapatkan kemahiran terutama misalnya di dalam mencatat pelajaran, mengorganisir waktu, mengatasi masalah kemalasan, mencari solusi untuk masalah lingkungan belajar, menyusun target pembelajaran, juga dalam mengatur keuangan. Program ini dilaksanakan pada awal semester kedua pada tahun pertama dengan mengambil sebagian waktu belajar mengajar.
  2. Program Pengembangan Diri. Ditujukan untuk siswa seluruh tingkatan. Kegiatannya berupa pengkayaan keterampilan siswa dalam berbagai bidang, seperti komputer, bahasa, dan lain sebagainya, dengan mengambil waktu di luar KBM.
  3. Remedial Enrichment. Disiapkan untuk siswa kelas akhir setelah mengikuti Ujian Nasional. Kegiatannya berupa penyampaian materi tambahan sebagai bekal siswa pra-kelulusan.
  4. Program Bimbingan Khusus materi-materi Ujian Nasional untuk siswa kelas akhir.
  5. Kelas Kitab, untuk seluruh siswa dimulai dari semester pertama. Kegiatannya berupa pembelajaran Tata Bahasa Arab dan membaca kitab klasik dengan metode sistematis yang masuk dalam KBM. Siswa pada setiap tingkatan diseleksi ulang untuk mendapatkan kelas khusus yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka.
Evaluasi

Evaluasi merupakan bagian dari komposisi struktur kurikulum untuk mengukur hasil pembelajaran. Madrasah Aliyah 1 sedang membangun ekosistem agar pencernaan materi dapat lebih terukur melalui proses evaluasi bertahap yang disamping mudah diharapkan juga lebih tepat dan realistis di dalam memberikan penilaian terhadap proses pembelajaran siswa.
Kelak dalam tahap penilaian, madrasah sangat bergantung pada disiplin siswa di dalam mengikuti seluruh proses pembelajaran. Penilaian tidak menekankan sisi kognitif semata, melainkan bagaimana kesungguhan siswa mengikuti seluruh proses yang meliputi tingkat kehadiran dan pelaksanaan tugas harian di mana madrasah menghargai perbedaan kemampuan mereka. Nilai harian akan mengisi 40% dari kumulasi penilaian selain Ujian Tengah Semester (20%) dan Ujian Akhir Semester (40%).

INFORMASI TERKINI