Kepala MA 1 Annuqayah Ingatkan Urgensi Konsolidasi di Kegiatan Anjangsana

By Lukmanul Hakim 22 Sep 2022, 18:52:11 WIBKegiatan Madrasah
Kepala MA 1 Annuqayah Ingatkan Urgensi Konsolidasi di Kegiatan Anjangsana

Guluk-Guluk, MASA.SCH.ID

KH. A. Farid Hasan selaku Kepala Madrasah Aliyah (MA) 1 Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep mengingatkan pentingnya konsolidasi dan memperkuat barisan dalam rangka mencapai tujuan lembaga pendidikan yang diinginkan.

“Konsolidasi itu penting dilakukan karena kita mempunyai tiga peran. Pertama, peran guru di madrasah, kedua, peran sebagai anggota masyarakat, ketiga, peran sebagai pendidik di rumah. Ketiga peran tersebut menjadi tolok ukur berkembangnya anak didik dan juga mereka diibaratkan sebagai lahan yang kesuburannya tergantung pada guru,” terangnya dalam Kegiatan Anjangsana MA 1 Annuqayah pada Selasa (20/09/2022) di kediamannya, Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Al-Hasan Guluk-Guluk Sumenep.

Menurutnya, peran masyarakat sekitar pesantren juga sangat penting. “Mengingat ada sebagian masyarakat sekitar pesantren itu yang menyembunyikan santri dengan cara melindungi mereka ketika melanggar peraturan pesantren, seperti ketika santri membawa sepeda motor, diambil manfaat dengan cara menyapu, mencuci piring, dan lainnya. Hal itu sudah tidak mendukung terhadap berlangsungnya kegiatan pendidikan yang kondusif,” tambahnya.

Maka dari itu, lanjut Kiai Farid, harus ada kerja sama antara pendidik, pengurus pesantren, dan masyarakat sekitar dalam rangka menciptakan iklim belajar yang kondusif. “Dawuhnya KH. Habibullah Rois Kalabaan Guluk-Guluk bahwa santri itu ibarat menaiki becak, di mana becak itu mempunyai tiga roda. Roda pertama itu ibarat pondok/madrasah; roda kedua yaitu ibarat orang tua; dan roda yang ketiga itu ibarat masyarakat. Apabila ketiga roda itu kompak, maka akan mend